contac

Senin, 22 November 2010

Penemu FaceBook
Mark Elliot Zuckerberg (lahir 14 Mei 1984) adalah seorang miliarder dan pengusaha terkenal karena mendirikan situs jaringan sosial populer Facebook. Zuckerberg mendirikan Facebook dengan sesama teman sekelas Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin dan Chris Hughes saat menghadiri Harvard. Zuckerberg Facebook saat ini menjabat sebagai CEO Facebook. Ia telah menjadi subjek kontroversi bagi asal-usul bisnisnya dan hartanya.
Majalah Time menambahkan Zuckerberg sebagai salah satu dari Orang Berpengaruh di Dunia tahun 2008. Ia berada di bawah kategori Ilmuwan & Pemikir untuk fenomena “Facebook” dan peringkat 52 dari 101 orang.
Kehidupan Awal
Zuckerberg lahir di White Plains, New York dan dibesarkan di Dobbs Ferry, New York. Dia mulai pemrograman ketika ia masih di sekolah menengah. Pada Mulanya, Zuckerberg menikmati dalam mengembangkan program komputer, terutama alat komunikasi dan permainan. Sebelum masuk ke Akademi Phillips Exeter, Mark bersekolah di Ardsley High School. Ketika belajar Phillips Exeter Academy, ia membangun sebuah program untuk membantu para pekerja di kantor ayahnya berkomunikasi, ia membangun sebuah versi dari permainan Resiko dan pemutar musik bernama synapse yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mempelajari kebiasaan mendengarkan dari pelanggan. Microsoft dan AOL mencoba untuk membeli Synapse tersebut dan merekrut Zuckerberg, tapi ia memutuskan untuk pindah Harvard University sebagai gantinya.
Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Ide Facebook datang dari hari-harinya di Akademi Phillips Exeter yang seperti kebanyakan perguruan tinggi dan sekolah persiapan, memiliki tradisi lama penerbitan direktori mahasiswa tahunan dengan foto-foto tampak muka dari semua mahasiswa, staf pengajar dan staf dikenal sebagai “Facebook”. begitu kuliah, Facebook Zuckerberg mulai populer di Harvard, sampai kemudian Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan Facebook ke sekolah lain dan meminta bantuan teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Pertama-tama mereka menyebar itu ke Stanford, Dartmouth, Columbia, Cornell dan Yale, dan kemudian sekolah-sekolah lain dengan kontak sosial dengan Harvard. Pada awal musim panas, Zuckerberg dan Moskovitz telah menyebarkan Facebook hampir di empat puluh lima sekolah dan ratusan ribu orang yang menggunakannya.
Pindah ke California
Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, bersama Moskovitz dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor pertama mereka. Selama musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel yang menanamkan modal di perusahaan mereka. Mereka menempati kantor pertama mereka selama musim panas 2004. Menurut Zuckerberg, kelompoknya berencana untuk kembali ke Harvard pada musim gugur tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap tinggal di California. Sampai saat ini, dia belum kembali meneruskan kuliahnya.
Pada 5 September 2006, Facebook meluncurkan ‘News Feed’, suatu produk untuk menunjukkan apa yang sedang teman Anda lakukan di situs. Hal ini membuat Zuckerberg dikritik karena beberapa menganggap News Feed sebagai hal yang tidak perlu dan alat untuk cyberstalking.
untitledFacebook Platform
Tanggal 24 Mei 2007, Zuckerberg mengumumkan Facebook Platform, sebuah pengembangan platform untuk para programmer sehingga dapat membuat aplikasi sosial dalam Facebook. Pengumuman ini memicu banyak minat komunitas pengembang. Dalam beberapa minggu, banyak aplikasi yang telah dibangun dan beberapa sudah memiliki jutaan pengguna. Sekarang ini, telah ada lebih dari 800.000 pengembang di seluruh dunia yang membuat aplikasi untuk Platform Facebook. Pada 23 Juli 2008, Zuckerberg mengumumkan Facebook Connect, sebuah versi dari Facebook Platform untuk membangun aplikasi sosial di situs-situs lain.
Facebook Beacon
Pada tanggal 6 November 2007, Zuckerberg mengumumkan sistem advertising sosial baru di sebuah acara di Los Angeles. Sebuah bagian dari program baru, yang disebut Beacon, memungkinkan orang untuk berbagi informasi dengan teman-teman Facebook mereka berdasarkan kegiatan browsing mereka di situs lain. Sebuah penjual di eBay, misalnya, bisa memberitahu teman-teman tahu secara otomatis apa yang telah mereka untuk dijual melalui Facebook news feed sebagai item dalam daftar mereka. Program ini mendapat perhatian privasi serius dari kelompok privasi dan pengguna individu. Zuckerberg dan Facebook gagal menanggapi keprihatinan dengan cepat, dan pada tanggal 5 Desember 2007, Zuckerberg akhirnya menulis posting blog di Facebook mengambil tanggung jawab untuk masalah-masalah dengan Beacon dan menawarkan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk memilih keluar dari layanan ini.
Kontroversi ‘ConnectU’
teman sekelas Zuckerberg diHarvard, Cameron Winklevoss, dan Tyler Winklevoss, mengklaim bahwa ia mencuri ide mereka yang dibuat untuk situs mereka sendiri ‘ConnectU’, ketika bekerja sebagai seorang pengembang untuk ConnectU. Gugatan ini diajukan pada tahun 2004 namun ditolak pada 28 Maret 2007. Gugatan kembali diajukan tidak lama kemudian di Pengadilan Distrik AS di Boston, dan pemeriksaan pendahuluan dijadwalkan pada 25 Juli 25. Di sidang itu hakim mengatakan bahwa sebagian pengaduan ConnectU belum lengkap dan memberi mereka kesempatan untuk memparbaiki gugartan mereka. Pada 25 Juni 2008, kasus itu diselesaikan dan Facebook setuju untuk membayar $ 65 juta penyelesaian.
Sebagai bagian dari gugatan itu, pada bulan November 2007, rahasia dokumen pengadilan yang dipasang di situs majalah alumni Harvard 02.138. Mereka termasuk nomor keamanan sosial Zuckerberg , alamat rumah orang tuanya dan alamat pacarnya. Facebook diajukan untuk mendapatkan dokumen-dokumen dibawa turun, tetapi hakim memutuskan mendukung 02.138.
Microsoft berinvestasi di Facebook
Pada 24 Oktober 2007, Facebook Inc menjual 1,6% sahamnya kepada Microsoft Corp sebesar $ 240 juta, untuk menandingi tawaran dari Google Inc, sebuah Mesin Pencari Online. Hal ini akan menunjukkan bahwa Facebook memiliki nilai pasar sebesar $ 15 miliar pada saat itu.

Penemu Yahoo
Bagi para peselancar dunia maya, pasti kenal situs www.yahoo.com, salah satu situs terbesar di Internet. Kini lewat www.yahoo.com, para penikmat dunia maya bisa melakukan berbagai hal seperti mencari berita, mendengarkan musik, berkirim e-mail, menyimpan blog, bermain game online, atau ngobrol lewat Yahoo! Messenger (YM), dan banyak lagi fitur lainnnya.

Bahkan komunitas pengguna e-mail di seluruh dunia, lebih banyak menggunakan Yahoo sebagai alat komunikasi mereka. Padahal, salah satu hal yang paling populer dari Yahoo!, sekaligus memopulerkan situs ini adalah sebagai search engine atau mesin pencari yang andal.
Jika bicara kepopuleran dan kesuksesan situs Yahoo, tentunya tak bisa lepas dari tangan seorang pria berkebangsaan Taiwan bernama Jerry Yang. Dialah salah seorang pendiri sekaligus pemimpin dari Yahoo!.

Jerry Yang dilahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Yang Chih Yuan. Pada umur 10 tahun, ia "hanyalah" seorang imigran dari Taiwan. Bersama ibu dan adiknya, mereka hijrah dan menetap di San Jose, California, Amerika Serikat. Ayahnya sudah meninggal pada saat ia baru berumur dua tahun. Saat dia pertama masuk sekolah di San Jose, dia hanya memiliki satu kosakata bahasa Inggris, shoe (sepatu). Ketika menginjak dewasa, Yang kuliah di Stanford Universiry pada tahun 1990, dan mendapatkan gelar sarjana muda dan master dalam waktu 4 tahun.

Pada akhir tahun 1993, Jerry melanjutkan pendidikan program Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University. Di sana, Jerry Yang berkenalan dengan teman sekampusnya David Filo. Lewat pertemanan bersama David Filo, Jerry Yang mulai menyukai kegiatan surfing di Internet, hingga menghabiskan waktunya berjam-jam berada di depan komputer. Akibatnya, aktivitas belajar mereka terbengkalai.

Pada saat melakukan kegiatan surfing, mereka sering kesulitan mencari sesuatu yang mereka butuhkan di dunia maya ini. Maka pada bulan Februari 1994, mereka mulai rajin mengumpulkan link-link dengan membuat indeks atas situs-situs web favoritnya. Kegiatan ini mereka lakukan di trailer di kampus Stanford University. Dalam waktu singkat, mereka telah lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat link-link situs favorit dari pada membuat desertasi program doktor yang tengah mereka tempuh.

Akhirnya, list berupa link dari situs yang telah mereka temukan yang mereka buat telah menjadi terlalu panjang dan terlalu banyak, sehingga mereka membaginya menjadi kategori-ketegori. Saat kategori-kategori itu pun tidak memenuhi, dibuat juga sub-subkategori. Itulah awal mula lahirnya konsep dari pembuatan Yahoo!.

Pada saat pertama kali dibuat, mereka memberi nama situsnya Jerry`s Guide to the World Wide Web, tetapi nama tersebut terlalu panjang untuk nama sebuah situs. Kemudian setelah mencari nama yang dianggap bagus di dalam direktori yang mereka buat, mereka memutuskan untuk menggunakan nama Yahoo, yang merupakan singkatan dari Yet Another Hierarchical Oficious Oracle. Tujuan awal dari pembuatan situs itu adalah sebagai alat untuk mencari sesuatu di Internet atau search engine.

Pada awalnya, mereka menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Namun, ternyata mereka kemudian menyadari bahwa indeks situs yang mereka susun dapat digunakan oleh orang lain sebagai titik pijak pertama menyusur situs web. Pengunjung situs ini pun makin banyak dan mendapat sambutan luar biasa oleh pengguna Internet. Mengetahui banyak orang yang mengakses Yahoo!, maka jadilah mereka membuatnya menjadi database yang teratur dan mengembangkan semacam software mesin pencari untuk menjalankannya.

Karena belum ada modal, mereka memanfaatkan komputer-komputer milik universitas untuk kegiatan ini. Data disimpan di komputer Jerry Yang yang mempunyai nickname "Akebono". Sedang mesin pencari ditempatkan di komputer David Filo yang ber-nickname "Konishiki". Kedua nickname tersebut diambil dari nama-nama pegulat terkenal Hawaii pujaan mereka.

Pada musim gugur tahun 1994, situs mereka mulai mendapatkan rekor hit sebanyak 1 juta pengunjung per hari. Itulah yang membuat infrastruktur jaringan komputer di universitas terbebani trafik yang besar. Tak heran jika para pejabat universitas meminta keduanya untuk menyewa server (hosting) di luar untuk menjalankan "bisnis" mereka itu, agar lebih leluasa lagi.
Kini, Yahoo! telah menjadi perusahaan dunia yang bergerak di bidang komunikasi, komersial, dan media berbasis Internet. Setiap bulannya ada 232 juta pengguna Internet di seluruh dunia yang menggunakan jasa pelayanan Yahoo!, mulai dari mesin pencari, portal, e-mail gratis, bisnis online, sampai pembuatan dan penyewaan tempat situs. Jaringan Yahoo! yang berkantor pusat di Sunnyvale, California, AS ini sudah berdiri di 25 lokasi yang tersebar di benua Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan tentu saja Amerika Serikat. Hasilnya keuntungan besar pun dihasilkan oleh Jerry Yang bersama Yahoo! Yang menjadikan seorang imigran Taiwan tersebut menjadi seorang miliarder.

Menurut Fortune.com, kekayaan pria dengan nama asli Yang Chih-Yuan ini pada tahun 2000 sekitar 5,85 miliar dolar AS. Rumah tinggalnya dibeli seharga 1,9 juta dolar AS, terletak di Los Altos, kawasan barat San Jose dengan lima kamar tidur dan pemandangan ke arah Teluk San Fransisco. Meski demikian, ia tak lupa pada almamaternya. Bersama David Filo, ia menyumbang 2 juta dolar AS untuk almamaternya tersebut. 








Pendiri Amazon.com
Jeff Bezos adalah orang Texas yang secara turun-menurun memiliki peternakan seluas 25.000 hektar peternakan di Cotulla. Sementara dari pihak ibu, sang kakek adalah seorang Direktur Regional Komisi Energi Atom di Amerika Serikat (AS).
Bezos dilahirkan pada tanggal 12 Januari 1964 di Albuquerque, Nex Mexico, AS, ketika ibunya, Jackie, masih remaja. Pernikahan sang ibu dengan ayahnya hanya berlangsung tidak lebih dari 2 tahun. Dia kemudian menikah lagi ketika Bezos berusia 5 tahun. Ayah tiri Bezos, Miguel Bezos, merupakan warga negara Kuba yang bermigrasi ke AS pada usia 15 tahun dan bekerja sambil kuliah di Universitas Albuquerque. Setelah pernikahan itu, mereka pindah ke Houston, Texas dan Miguel menjadi insinyur untuk Exxon.
Pada usia dini, Jeff telah menunjukkan bakat mekanik yang mencolok. Ketika balita, dia berusaha membongkar tempat tidurnya dengan obeng. Selanjutnya, dia mulai mendalami ketertarikannya pada dunia sains, seperti memasang alarm listrik untuk menjaga adik-adiknya jika keluar dari kamar dan juga menjaga privasinya. Setiap musim panas, dia juga sering menghabiskan waktunya tinggal di peternakan kakeknya, dimana dia selalu memperbaiki kincir angin dan traktor yang biasa digunakan dalam berternak.
Ketika memasuki bangku SMA dia mengikuti program pelatihan sains di University of Florida yang membuatnya menerima Silver Knight Award pada tahun 1982. Setelah lulus SMA, dia berencana mendalami ilmu fisika dengan kuliah di Princeton University yang dalam perjalanannya dia justru kembali tertarik dengan komputer elektro dan akhirnya dia lulus dengan gelar di bidang Computer Science and Electrical Engineering.
Setelah lulus dari Pricenton, Jeff bekerja di Wall Street dalam bidang ilmu komputer. Lalu ketika mendapatkan gelar pascasarjana, dia bekerja membangun jaringan perdagangan internasional untuk sebuah perusahaan yang dikenal dengan Fitel. Disinilah semangat kewirausahaannya mulai muncul, tapi dia tidak tergesa-gesa untuk memulai bisnisnya sendiri. Dua tahun kemudian, dia pindah ke Bankers Trust dan bertanggungjawab untuk mengembangkan aplikasi software untuk nasabah dana pensiun.
Inspirasi untuk bekerja mandiri selanjutnya datang ketika dia bekerja di sebuah perusahaan finansial DE Shaw & Company dimana dia dipercaya oleh David Shaw, pendiri perusahaan tersebut, sebagai Senior Vice President. Bahkan, dalam sebuah wawancara dengan Time, Shaw menggambarkan Jeff sebagai wirausahawan yang aneh. Wawancara yang dilakukan pada 27 Desember 2003 ini merupakan penghormatan Shaw atas langkah Jeff yang memutuskan untuk membangun dan mengoperasikan perusahaan sendiri di tahun 1994.
Berani Mencoba
Tahun 1995, Bezos mulai mendirikan Amazon.com sebagai toko buku online yang dijalankan dari garasi rumahnya di Seattle, Washington. Dia sebelumnya telah melakukan penelitian dengan membuat daftar 20 perusahaan mail-order teratas dan mengamati bahwa tidak ada penerbit buku yang memiliki mail-order karena membuat katalog yang komprehensif akan memerlukan ribuan halaman dan akan memakan budjet besar jika melakukan penawaran lewat email.
Dia percaya bahwa perusahaan berbasis internet akan memiliki kemampuan untuk menawarkan pilihan lebih luas secara dan substansial kepada konsumin. Setelah melakukan studi ini, dia rajin menghadiri konvensi tahunan American Bookseller’s Associaton untuk melakukan lobi-lobi dengan beberapa penjual buku.
Dalam menjalankan bisnis ini, kedua orangtua Bezos mendukungnya dengan menginvestasikan tabungan pensiunnya sebenar US$ 300 ribu. Mereka sepertinya tahu, dana sebesar itu akan mengantarkan anak mereka menjadi miliarder.
Sebelum memutuskan nama Amazon, Bezos telah memilih nama Abrakadabra. Namun tampaknya dia lebih menyukai nama Amazon karena terpukau dengan kemegahan sungai yang berada di Brazil tersebut. Pada bulan Juni 1999 situs web Amazon.com mulai diujicoba dan pada 16 Juli 199 mulai melayani konsumen di setiap negara bagian dan merambah 45 negara lain.
“Dalam beberapa hari pertama setelah Amazon.com diluncurkan, saya tahu itu akan menjadi besar,” ujarnya dalam suatu wawancara di sebuah media. Selanjutnya, Amazon.com menjadi berita di berbagai media dan sebagai akibat dari publisitasnya meningkat dengan cepat, Bezos akhirnya memiliki kantor operasional dan 6 gudang untuk inventaris buku.
Naluri bisnis Bezos tidak meleset, Amazon.com terus berkembang, bahkan setiap tahunnya dia selalu berada di rangking orang terkaya dunia, meskipun selalu dalam kondisi fluktuatif. Misalnya, pada tahun 1999 dia masuk ke dalam peringkat 19 dengan kekayaan sebesar US$ 10,1 miliar, sebaliknya di tahun 2002 dia ‘terpuruk’ di peringkat 293 dengan kekayaan US$ 1,5 miliar.
Di tahun 2007, dia kembali ‘memperbaiki’ statusnya menjadi peringkat 35 dengan kekayaan sebesar US$ 8,7 miliar. Meskipun selalu tergusur dalam peringkat 10 besar orang terkaya di seluruh dunia, setidaknya dia tetap saja bercokol di peringkat paling bergensi ini setiap tahunnya.
Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com. Pada tahun 1998, dia memiliki 41% saham Amazon.com, namun jumlahnya berkurang menjadi 24,26% (sekitar 100 juta lembar saham) pada tahun 2006. Gajinya pun tidak pernah naik sejak tahun 1998, yakni sebesar US$ 81.840 per tahun ditambah tunjangan sebesar US$ 1,1 juta.
Kekayaan yang dimilikinya sekarang tentunya sebagai buah dari keberanian dan kreativitasnya dalam mencari peluang bisnis secara mendiri. Ketika akan memulai Amazon.com, dia membayangkan, jika tidak mendirikan perusahaan ini, maka pada usia 80 tahun dia akan menyesal karena kehilangan 6 digit bonus natal. “Saya sudah pasti bangga dengan diri saya sendiri karena telah mengambil resiko dan mencoba berpartisipasi dalam bisnis ini. Kalau saya tidak pernah mencoba langkah ini, tentu saya akan menyesalinya,” tandasnya.
Mengagumi Walt Disney
Rekan kerja dan saksi hidup riwayat Amazon.com menyebut Bezos sebagai seorang visioner yang serius tapi santai. Meskipun santai, dia tetap tegas terhadap karyawannya. Menurut mereka, Bezos selalu menuntut penyelesaian yang cepat untuk sebuah proyek. Dia juga secara rutin menggelar rapat manajemen mingguan selama 4 jam untuk mendapatkan laporan produk baru, harga, dan menghimpun pertanyaan dari beberapa CEO.
Untuk mendorong ide-ide baru, Bezos mendirikan program ‘Just Do It’ sebagai sebuah reward bagi karyawannya yang kreatif memberikan ide bagi perusahaan tanpa terlebih dulu meminta ijin dari atasannya. Cara ini setidaknya sangat efektif bagi Amazon.com dalam melakukan perubahan-perubahan layanan lebih baik lagi. Tak heran, dari awal pendiriannya sebagai ‘toko’ buku, Amazon.com saat ini juga telah menjual beberapa produk, seperti DVD, perangkat elektronik, rumah tangga, olahraga, dan sebagainya.
Apa kunci sukses Bezos dalam mengembangkan bisnis ini? Rupanya Bezos termasuk tipikal pemimpin perusahaan yang percaya pada manfaat berkomunikasi dengan pelanggan dan mendengarkan ide-ide mereka untuk ekspansi bisnis selanjutnya. Makanya, lewat situs Amazon.com, pelanggan didorong untuk merekomendasikan buku-buku favorit mereka dan produk melalui resensi, dan disusun dalam daftar item favorit mereka.
Ketika ditanya siapakah pahlawan yang paling dipujanya, Bezos menyebut Walt Disney di samping Thomas Alfa Edison. Kekagumannya terhadap Disney dia wujudkan dengan mengunjungi Disney World beberapa kali dan mengaku sangat terkesan dengan visi kuat Disney. “Dia sangat tahu persis dengan apa yang ingin dia bangun dan bergabung dengan sekelompok orang-orang pintar dalam membangunnya,” ujar pria yang dianugerahi gelar doktoral dalam bidang Iptek dari Carnegie Mellon University pada tahun lalu ini.


Pendiri Google
Sergey Mikhailovich Brin dan Lawrence Edward “Larry” Page sang pendiri Google menyuruh kita untuk berpikir konyol. Karena dengan demikian kadang muncul ide-ide yang sangat luar biasa seperti yang mereka lakukan. Konyol disini adalah bahwa kita yakin bisa melakukan seperti yang kita pikirkan. Mereka sesumbar dan mengatakan pada dosennya di Stanford University jika dia bisa mendownload seluruh isi web lebih cepat, hanya butuh waktu satu minggu. Mendengar itu, semua tertawa, termasuk teman-temannya.


Google berasal dari kata googol yangdiplesetkan.Di situs milik majalah Moment, Mark Malseed menyebutkan dua orangini bersahaja, pria baik-baik, dan tak terlena oleh kemewahan.Sergey (34) tak pernah bisa melihat makanan tersisa di piring.Demikian pula Larry (34), ia tak silau dengan atribut kemewahan,walau mereka kini memiliki pesawat pribadi Boeing 767 yang disulapmenjadi rumah mewah untuk perjalanan mereka.Google Inc berkantor di Googleplex, di selatan San Fransisco Bay.Majalah Fortune pernah menjuluki Googleplex sebagai tempat bekerjaterbaik di AS pada tahun 2007. Suasana kekeluargaan, makanan gratistiga kali sehari, lokasi perawatan bayi bagi ibu muda, serta kursipijat elektronis pun tersedia.Kedua orang ini bertemu ketika sama-sama belajar teknik komputer diStanford University tahun 1995. Pertemuan itu ditandai denganperdebatan, tetapi mereka tetap menjalin kontak dan terus salingberadu argumentasi.

Keduanya lalu mendirikan sergeyandlarry- proyek yang kemudianmelahirkan Google, dimulai dari sebuah garasi di Menlo Park,California, milik Susan Wojcicki, yang kini menjadi Wakil PresidenManajemen Produk Google. Susan adalah kakak Anne Wojcicki, istriLarry.Situs ini khusus mendalami pencarian informasi hasil-hasil risetyang sudah dituangkan internet. Idenya sederhana. Di dunia akademis,Anda akan dianggap berkualitas dan makalah Anda lebih bernilai, jikasemakin banyak mengutip hasil-hasil riset hebat.Akan tetapi, butuh 5.700 tahun mencari informasi pada tiga miliarhalaman Google yang ada sekarang. Pertanyaan mereka adalah bagaimanamendapatkan informasi itu dalam hitungan detik dengan hanya membukasatu situs bank data?You Google it! (Anda cari saja di Google), demikian majalah Forbespada edisi 26 Mei 2003, menceritakan sukses dari jerih payah duetini.Sebelum Google muncul, mencari informasi yang relevan di internet sama seperti berjalan pada malam gelap
Kami ingin menawarkan web yang tidak saja ingin mencariinformasi, tetapi web yang menyenangkan, ” kata Sergey, PresidenTeknologi Google.Bagaimana mereka bisa sukses? “Cerita orangtua soal Rusia, danpengalaman masa kecil saya yang selalu takut menghadapi otoritas diRusia. Juga kesediaan ayah saya mengambil risiko hijrah ke AS telahmembuat saya memberontak, ” ujar Sergey melukiskan niatnya untukmenghapus kekecewaan sang ayah soal Rusia.Suatu saat, di samping ayahnya, Sergey berujar, “Terima kasih, Pak,telah membawa saya ke AS.”Michael, ayah Sergey, merendah. “Ide kewirausahaan Sergey pasti tidak datang dari latar belakang kehidupan keluarga. Akan tetapi,saya bangga, tak pernah menyangka dia akan seperti ini,” kataMichael.Namun, sukses bisnis Google juga dipoles setelah Sergey dan Larrymenyewa Eric E Schmidt, mantan karyawan Sun Microsystems. Di baliksukses inovasi Google juga ada sekian banyak doktor matematika dengan lulusan terbaik.
BIODATA
Nama: Lawrence (Larry) Page
larry page
Lahir: Lansing, Michigan, AS, 26 Maret 1973
Status: Pendiri dan menjabat sebagai Presiden Produk-produk GoogleInc
Kekayaan bersih: 18,5 miliar dollar AS (2007), nomor lima terkaya diAS bersama Sergey berdasarkan majalah Forbes, Maret 2007
istri : Lucy Southworth
Sekolah: SD, SMP Montessori, Lansing, Michigan. SMA dari EastLansing. Sarjana Muda dari University of Michigan bidang teknikkomputer, gelar master dari Stanford University
Penghargaan: Global Leader for Tomorrow dari The World EconomicForum
Nama: Sergey Brin
Sekolah: SD, SMP di Paint Branch Montessori School, Adelphi,Maryland. SMA di Eleanor Roosevelt, gelar master dari University ofMaryland, bidang matematika. Dia mendapat beasiswa dari NationalScience Foundation untuk belajar di Stanford University, bidangkomputer.
Sama seperti Larry, ia meninggalkan program doktor untukmendalami Google
Penghargaan: Januari 2005 ia bersama Larry Page dinominasikan sebagai Young Global Leaders oleh World Economic Forum.
Tahun 2007 ia dinyatakan sebagai nomor satu dari 50 orang terpenting di web
Istri: Anne Wojcicki, menikah di Bahamas, 2007


Pendiri Ebay.com
Di jagat internet, memang ada sejumlah nama yang populer. Sebut saja misalnya Jimmy Wales, sang pendiri situs Wikipedia. Lalu ada Larry Page dan Sergey Brin, dua tokoh penting berdirinya situs pencari Google. Ada juga Jerry Yang, pendiri situs Yahoo. 

Meski tidak sepopuler nama-nama di atas, ada satu nama yang juga punya peran penting dalam dunia internet, khususnya menyangkut perdagangan dan bisnis di jagat maya. Dialah Pierre Omidyar (41), pendiri eBay, situs perdagangan online terbesar yang beralamat di www.eBay.com, pria kelahiran Paris, Prancis, 21 Juni 1967.

Meski lahir di Prancis, Omidyar sebenarnya berdarah Iran. Ia sejak kecil sudah memperlihatkan minat dan kemampuannya dalam pemrograman komputer. Kemampuannya terhadap program komputer tak hanya ia asah di sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Ia secara sukarela membantu perpustakaan di sekolah menengah tempatnya belajar untuk menyusun katalog online. Rupanya, dari projek sukarela inilah karier cemerlang Omidyar berawal karena dari sana ia memiliki banyak pengalaman berharga dan memuluskan jalannya untuk benar-benar menjadi seorang ahli pemrograman komputer.

Pada tahun 1988, Omidyar lulus kuliah dari Universitas Tufts dengan gelar B.S. (Bachelor of Science) di bidang ilmu komputer. Pada tahun 1991, kariernya mulai terlihat ketika ia bergabung dengan perusahaan Claris, sebuah anak perusahaan Apple Computer. Di sana ia menjabat sebagai consumer software engineer. Kemudian tahun 1994, ia mendirikan Inc. Development Corporation, yang selanjutnya mengalami perkembangan dan diberi nama eShop. Pada saat itu, eShop adalah pemimpin teknologi perangkat lunak (software) perdagangan berbasis internet. Pada tahun 1996, diakuisisi oleh Microsoft. Pada tahun 1995, Omidyar mendirikan perusahaan yang diberi nama domain EchoBay.com, namun ternyata domain tersebut telah dimiliki oleh orang lain. Akhirnya, Omidyar memendekkan namanya menjadi eBay.com.  
Awal mula berdirinya eBay, sebenarnya tercipta karena niat Omidyar membantu seorang teman dekat untuk mendapatkan pembeli bagi produk yang dijualnya. Ternyata, dari sekadar iseng membantu teman, menjadi ide bisnis yang brilian. Walaupun awalnya peluncuran bisnis eBay merupakan uji coba terhadap bisnis yang berbasis internet yang saat itu belum ada di dunia maya, ternyata malah membawa keuntungan yang lebih banyak bagi Omidyar. 

Rahasia sukses eBay
Kesuksesan situs eBay, menurut Omidyar, dalam wawancaranya dengan dengan Robert D. Hof dari BusinessWeek adalah adanya nilai-nilai yang dianutnya dan kekuatan eBay pada komunitas yang terbentuk. Nilai-nilai yang dianut dalam bisnis eBay adalah ia percaya bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Percaya bahwa setiap orang memiliki suatu keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain.

Selain itu, ia juga percaya bahwa kejujuran dan lingkungan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia. Mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik, dan menerapkan aturan emas bahwa bisnis eBay memperlakukan setiap pribadi yang terlibat dengan sebaik mungkin. 

Karena pada dasarnya setiap manusia ingin diperlakukan dengan baik, manusia tersebut harus memperlakukan yang baik pula terhadap manusia lainnya. Komunitas yang dimaksud dalam bisnis itu adalah para penjual dan pembeli yang ada dan bersama-sama membentuk sebuah dunia perdagangan online yang berkesinambungan.

Berkat nilai-nilai yang dianutnya itulah kini eBay telah memiliki ratusan juta anggota ini. eBay juga telah memiliki situs web yang tersebar di banyak negara, seperti AS, Kanada, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, Switzerland, Italia, Austria, Belgia, India, Australia, Selandia Baru, Cina, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan.

Kedermawanan Omidyar
Kesuksesan eBay tentunya mengantarkan Omidyar menjadi seorang miliarder. Namun, kesuksesannya tersebut tidak menjadikannya lupa diri atau melupakan masyarakat sekitarnya. Pada tahun 1998, bersama istrinya, Pamela, Omidyar mendirikan yayasan eBay atau yayasan Omidyar. Yayasan ini memberikan pendidikan gratis mengenai teknologi dan aplikasi dari teknologi tersebut pada masyarakat yang memerlukan.  Ia percaya bahwa investasi kebaikan yang diberikan kepada masyarakat yang dilakukan secara sukarela (seperti ketika ia mendirikan eBay pertama kali, dengan niat membantu teman dan juga masyarakat bisnis), pastinya akan membuahkan sesuatu yang positif di masa yang akan datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar